Instal windows XP di notebook Toshiba satellite M200-P430

Saya mempunyai notebook Toshiba Sattelite M200-P430 yang berhard disk SATA. OS bawaannya adalah Windows Vista. Saya ingin men downgrade ke Windows XP karena buat saya Vista terlalu lelet, ternyata installer XP tidak mengenal hard disknya sewaktu saya instal. Setelah mencari-cari akhirnya saya dapatkan cara untuk menginstal XP ke laptop saya. Ternyata permasalahannya adalah pada chipsetya. Toshiba sattelite p430 menggunakan intel chipset 965PM sehingga harus di load dulu chipsetnya sebelum di instal Windows XP, Sederhananya yang dilakukan adalah memasukkan driver chipset tersebut ke dalam installer windows XP. Sebenarnya bisa menggunakan disket untuk load drivernya saat akan di instal, namun Toshiba M200-P430 tidak menyediakan tempat buat floppy disk lagi.Oleh sebab itu kita perlu memasukkan driver chipsetnya ke dalam installer Windows XP untuk di load saat di instal. Adapun aplikasi yang di butuhkan adalah sebagai berikut:

1. nlite (download)
2. Driver Intel PM965 Chipset (download)

nlite membutuhkan NetFramework 2.0 (download).

Setelah download aplikasi yang di butuhkan, instal driver intel PM965 dengan menggunakan run as administrator sehingga hanya akan mengekstrak ke direktori[Program Files]\Intel\Intel Matrix Storage Manager\Driver\.

Jalankan nLite.

Browse ke direktori tempat file-file instalasi Windows XP disimpan.

Pilih Integrate Drivers dan Create Bootable ISO.

Pada tampilan Integrate Drivers, pilih Insert->Multiple driver folder. Lalu pilih folder [Program Files]\Intel\Intel Matrix Storage Manager\Driver\ (lokasi tempat driver AHCI di-extract).

Pada tampilan selanjutnya, akan ditampilkan list driver AHCI/RAID. Pastikan mode yang dipilih adalah Textmode driver. Toshiba Satellite M200 menggunakan Intel(R) 82801HEM/HBM SATA AHCI Controller. Jadi pilih driver tersebut. Atau kalau mau sih sekalian aja di-add semuanya. Jadi bisa digunakan juga untuk notebook lain yang menggunakan chipset yang lain juga.

Kemudian pilih Direct Burn untuk melakukan proses burning installer yang telah dimodifikasi ke dalam CD kosong. Atau pilih Create Image untuk menyimpan installernya kedalam format ISO.

Saya lebih suka menyimpan instalernya ke dalam format ISO karena jika CD saya rusak saya bisa langsung burn filenya ke CD yang baru.

Selanjutnya install Windows XP seperti biasa.

Selamat mencoba!


Cat: jangan lupa download drivers Toshiba M200-P430 yang support windows XP setelah di instal. Anda dapat mendownload di sini.


sumber: www.amphie09.blogspot.com



8 komentar:

Anonim mengatakan...

thank atas postingannya bro ,,. makin banyak elmu yang w serep dah ,,. sekali lagi thanksss banget :D

fatoer mengatakan...

good......
thank's ya..........ilmu nx

Anonim mengatakan...

Mantap nich tutor, dah cari kesana kemari tutor tuk ganti windows vista ama win xp di toshiba satellite m200 kagak ketemu2. akhirnya ketemu juga di blognya Mas. Ok mo lsg praktek ah..... makasih Mas Tutornya

orang awam mengatakan...

Mas mo tanya untuk Driver SATA (Driver Intel PM965 Chipset), nama Filenya IATA88ENU.exe dengan ukuran 6.8 MB bukan? Makasih Mas jawabannya

sambac mengatakan...

bro, cara run as administratornya gimana?

Ek4zone mengatakan...

thxz yach...

Anonim mengatakan...

alhamdulillah ilmu yang sangat bermanfaat...terima kasih mas

ruben mengatakan...

trims bro

so helpfull

Posting Komentar